JAKARTA - Masyarakat di seluruh dunia semakin banyak mengalihkan aktivitas mereka secara online karena COVID-19, dan semakin terbiasa dengan segala hal mulai dari membeli bahan makanan, mengelola keuangan, dan mengikuti perkembangan teman di dunia digital.
Sehingga mereka berbagi lebih banyak data pribadi setiap menit, karenanya privasi tidak diragukan lagi menjadi risiko yang lebih besar untuk diperhatikan. Sebuah survei baru dari Ping Identity telah menemukan bahwa lebih banyak pengguna internet bersedia untuk berhenti menggunakan situs belanja online atau platform digital lainnya jika mereka menemukan pengalaman yang rumit atau invasif.
Survei Ping Identity melibatkan 3.400 konsumen di seluruh Amerika Serikat (AS), Inggris, Jerman, Prancis, dan Australia tentang pengalaman mereka mendaftar ke situs web dan sikap mereka terhadap privasi online.
Hasilnya 77 persen responden telah meninggalkan atau berhenti membuat akun online karena sejumlah alasan, termasuk permintaan akan terlalu banyak informasi pribadi sebanyak 40 persen dan terlalu banyak langkah keamanan 29 persen responden. Lebih dari setengah responden langsung meninggalkan layanan online jika mereka merasa saat login terlalu rumit dan 63 persen responden mengatakan kemungkinan akan pindah ke pesaing jika mereka menemukan yang lebih mudah untuk mengautentikasi identitas mereka.
Dikatakan kepala petugas informasi pelanggan untuk Ping Identity, Richard Bird, bisnis perlu mengintegrasikan strategi keamanan, privasi, dan pengalaman pengguna mereka untuk memenuhi harapan konsumen modern.
"Individu tidak ragu untuk menemukan pengalaman yang lebih baik di tempat lain, sehingga perusahaan yang memprioritaskan pengalaman pelanggan sekarang akan mendapatkan loyalitas dalam jangka panjang," ungkap Bird seperti dikutip dari ZDNet, Rabu, 22 September.
Hampir 60 persen responden setuju dengan ide menyimpan informasi pribadi mereka dalam digital ID pada ponsel cerdas mereka, tetapi 46 persen menyatakan mereka lebih suka menggunakan layanan atau situs yang menawarkan alternatif kata sandi.
Sedangkan 44 persen dari mereka mengakui menggunakan kata sandi yang lemah, dengan 29 persen lainnya mengatakan mereka hanya membuat sedikit perubahan pada kata sandi lama. Lima belas persen lagi hanya menggunakan kembali kata sandi lama. Anehnya, 40 persen responden tidak dapat menjawab pertanyaan soal keamanan mereka.
Konsumen juga semakin menunjukkan minat untuk memahami bagaimana situs web dan layanan online membagikan informasi mereka, dengan 85 persen ingin mengetahui bagaimana informasi pribadi mereka dibagikan dan 72 persen menyatakan bahwa sulit untuk menemukan informasi ini.
Untuk konsumen di Jerman, jumlahnya bahkan lebih tinggi, dengan 90 persen melaporkan minat untuk mengetahui bagaimana perusahaan membagikan informasi pribadi mereka. Hampir 70 persen responden di AS mengatakan mereka telah berhenti menggunakan layanan online karena masalah privasi. Adapun lebih dari 70 persen responden telah mengubah profil mereka untuk mengatasi masalah privasi, dan masalah ini bahkan lebih menonjol untuk Gen Z, 89 persen di antaranya menyesuaikan pengaturan profil mereka untuk mengontrol privasi mereka.
Sementara 60 persen konsumen membatalkan akun karena masalah privasi dan hampir setengah dari responden telah melakukan ini lebih dari sekali. Menariknya, konsumen di Prancis adalah yang paling rajin mengatur ulang kata sandi mereka dengan kata sandi yang lebih kuat. Kata sandi juga menjadi garis merah bagi banyak konsumen di AS, dengan satu dari lima mengatakan mereka lebih cenderung menggunakan layanan online yang tidak memerlukannya.