Bagikan:

JAKARTA – AT&T dan Verizon akan meluncurkan jaringan 5G mereka di seluruh AS pada 19 Januari. Akan tetapi peluncuran tersebut dapat mengganggu lebih dari 9.000 helikopter komersial, termasuk helikopter medevac yang digunakan untuk menyelamatkan nyawa manusia.

Layanan nirkabel 5G dapat membuat altimeter radar, yang mengukur ketinggian pesawat dan helikopter, tidak dapat diandalkan atau berfungsi dengan baik. Menurut hukum AS, semua helikopter komersial harus memiliki perangkat yang berfungsi dengan baik agar dapat terbang.

“Tanpa altimeter radar, mendarat di daerah terpencil atau di landasan pendaratan rumah sakit hampir tidak mungkin,” kata Ben Clayton, chief executive officer sementara Life Flight Networks, seperti dilansir Bloomberg.

Masalahnya adalah helikopter medevac perlu mendarat dan lepas landas di daerah terpencil, yang membuat kemampuan mereka untuk mengukur ketinggian sangat penting untuk misi yang sukses.

Helikopter komersial lain yang melakukan tur atau kapal penegakan hukum yang perlu dikerahkan di medan yang tidak nyaman juga mengandalkan teknologi ini.

Asosiasi Helikopter Internasional (HAI) mengajukan petisi kepada Administrasi Penerbangan Federal (FAA) pada Oktober 2021, yang meminta ambulans udara ini dibebaskan dari undang-undang ketika 5G diluncurkan.

Pada 13 Januari, HAI akhirnya mendapat tanggapan, namun hanya diberikan persetujuan sebagian.

“Berdasarkan sifat dampak luas yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap altimeter radio ... FAA akan memberikan bantuan kepada pemegang sertifikat bagian 119 yang melakukan operasi HAA (helikopter udara ambulans) di area di mana FAA telah menentukan bahwa gangguan 5G C-Band mempengaruhi atau mungkin mempengaruhi radio altimeter,” menurut sumber FAA yang juga dikutip Dailymail.

Namun, ada ribuan HAA di AS yang melayani setidaknya 300.000 orang per tahun yang perlu dikirim ke fasilitas medis.

Helikopter yang digunakan dalam transportasi medis seringkali mendarat dan lepas landas dari lokasi yang bukan di bandara atau helipad untuk mengevakuasi korban bencana alam atau kecelakaan kendaraan.

Untuk itu altimeter radar yang andal diperlukan untuk memastikan keselamatan helikopter, penyelamat, dan pasien.

Terlepas dari itu, FAA mengatakan jenis transportasi ini tidak dapat di-ground meskipun perangkat tidak berfungsi dengan baik karena gangguan 5G.

“Mengizinkan penggunaan NVG dalam operasi HAA di luar bandara atau lokasi area yang tidak diperbaiki ketika altimeter radio mungkin mengalami gangguan adalah demi kepentingan publik,” kata  FAA dalam sebuah pernyataan.

“Kepentingan publik untuk mengizinkan operasi semacam itu berlanjut cukup besar, terutama mengingat bahwa sekitar 40.000 hingga 50.000 operasi semacam itu terjadi di luar bandara atau area yang tidak diperbaiki pada malam hari,” tambah FAA.

AS melaporkan total 9.348 helikopter pada 2019, yang empat kali lebih tinggi dari armada terbesar berikutnya di Kanada.

Ada banyak bolak-balik persetujuan dan penolakan antara AT&T dan Verizon dan pemerintah AS menjelang peluncuran resmi jaringan 5G.

Peluncuran ini awalnya dijadwalkan pada 4 Januari, tetapi karena kekhawatiran tentang bagaimana layanan tersebut akan berdampak pada maskapai penerbangan, maka perusahaan menyetujui penundaan dua minggu untuk memberi Federal Aviation Administration (FAA) waktu yang cukup untuk memperbaiki masalah tersebut.

Masalahnya adalah frekuensi 3,7 hingga 3,98 GHz, yang dikenal sebagai C-Band, bahwa kedua operator nirkabel menghabiskan puluhan miliar lisensi untuk digunakan untuk memberi daya pada jaringan 5G ultra-cepat mereka.

Pejabat Administrasi Penerbangan Federal dan Boeing juga telah memperingatkan bahwa ada potensi gangguan pada instrumen pesawat vital yang beroperasi di pita 4,2 hingga 4,4 GHz yang berdekatan, termasuk altimeter radio yang memberi tahu pilot ketinggian mereka dalam jarak pandang yang buruk.

Singkatnya, ketakutannya adalah bahwa dalam kasus yang jarang terjadi, pembacaan ketinggian yang salah dapat membingungkan pilot saat mereka mendekati pendaratan dalam kondisi visibilitas yang buruk, dengan hasil yang berpotensi menjadi bencana.

Namun, penundaan dua minggu harus memberi FAA cukup waktu untuk memastikan tidak ada gangguan dengan pesawat, tetapi hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk helikopter.